7 Tips Naik Bus Wisata Untuk Keliling Jakarta | Rute Beserta Jamnya

bus wisata

Bus wisata menjadi solusi yang paling ramah digunakan bagi pelancong yang hendak mengelilingi Jakarta. Sebagai ibukota negara, tentunya Jakarta memiliki ratusan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Namun sayangnya, berkeliling Jakarta tanpa pemandu dan rue jalan tentu bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Keliling Jakarta kini semakin mudah menggunakan bus Transjakarta yang akan mengantarkanmu ke tujuh rute tempat wisata di ibukota. Untuk naik bus ini pun tak dipungut biaya alias gratis bagi warga Jakarta maupun wisatawan luar daerah. 

Rute & Jam Keberangkatan Bus Wisata

Bus Transjakarta menyediakan tujuh rute wisata sesuai dengan tema tempat yang akan dikunjungi. Adapun rute perjalanan dan jam keberangkatannya dapat kamu simak di bawah ini.

  1. Sejarah Jakarta (History of Jakarta)
    Rute bus 1 tema Sejarah Jakarta dimulai dari Juanda, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, BNI 46, Masjid Jami’ Kebon Jeruk, dan yang terakhir adalah Pasar Baru. Pada hari Senin hingga Sabtu, BW 1 beroperasi pukul 10.00-18.00 WIB. Sementara hari Minggu beroperasi pukul 09.00-19.00 WIB.
  2. Jakarta Baru (Jakarta Modern)
    Rute bus wisata 2 dengan tema Jakarta Baru dimulai dari Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia, Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, lalu ke Juanda/Istiqlal. Jam keberangkatan bus 2 pada Senin hingga Sabtu adalah 10.00-18.00 WIB. Sementara hari Minggu beroperasi pukul 12.00-19.00 WIB.
  3. Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)
    Rute bus wisata 3 dengan tema Kesenian dan Kuliner dimulai dari Monas 2, IRTI, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, BNI 46, Masjid Kebon Jeruk, Pasar Baru, dan yang terakhir adalah Juanda/Istiqlal. Bus 3 hanya beroperasi pada hari Sabtu pukul 10.00- 23.00 WIB.
  4. Pencakar Langit (Jakarta Skyscapers)
    Rute bus wisata 4 dengan tema Pencakar Langit dimulai dari Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Thamrin 1, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, GBK 1, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman, GBK 2, Aquatic Stadium, Istora, GBK Pintu 7, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarinah 2, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru/GKJ, dan yang terakhir adalah Juanda/Istiqlal. Jam operasional bus 4 pada Senin-Jumat adalah 06.00-17.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB, dan hari Minggu pukul 12.00-19.00 WIB.
  5. Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)
    Rute bus wisata 5 dengan tema Ruang Terbuka dimulai dari Tosari, Bundaran HI, Sarinah, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, dan yang terakhir adalah RPTRA Kali Jodo. Jam operasional bus 5 pada Senin sampai Jumat yaitu pukul 10.00-18.00 WIB, hari Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB. Sementara hari Minggu adalah pukul 12.00-19.00WIB.
  6. Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)
    Rute bus wisata 6 dengan tema Cagar Budaya Jakarta dimulai dari Monas 2, Monas 1, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Maqom Mbah Priok, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, dan yang terakhir adalah Juanda/Istiqlal. Bus 5 hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00-19.00 WIB.
  7. Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)
    Rute bus 7 dengan tema Belanja Jakarta dimulai dari Sarinah 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, Lap. Panahan, Plaza Sentral, Istora Senayan, Plaza Senayan, Senayan City, Karet Sudirman 2, Dukuh Atas 4, Stasiun Sudirman 2, Tosari 2, dan yang terakhir adalah Plaza Indonesia. Jam operasi bus 7 pada hari Senin hingga Jumat adalah 10.00-18.00 WIB, hari Sabtu  pukul 10.00-22.00 WIB. Sementara hari Minggu tidak beroperasi.

7 Tips Naik Bus Wisata Transjakarta

  1. Ketahui Rute dan Jam Keberangkatan
    Pastikan kamu menentukan tema wisata yang akan kamu kunjungi dan jam keberangkatannya. Transjakarta telah menyediakan tujuh rute perjalanan dengan tema yang berbeda-beda.
  2. Berangkat dari Halte Pertama
    Agar dapat mengunjungi seluruh tempat wisata, kamu harus naik bus dari halte pertama yang dilewati oleh bus. Sehingga tidak terlewat satu tempat pun.
  3. Makan Sebelum Melakukan Perjalanan
    Selama menumpang bus, kamu tidak diperbolehkan untuk makan dan minum. Maka dari itu, pastikan perutmu telah terisi sebelum melakukan perjalanan.
  4. Datang Tepat Waktu
    Setelah mengetahui jam keberangkatan bus, pastikan kamu datang di halte tepat waktu agar tak tertinggal bus.
  5. Duduk di Depan/ Samping Jendela
    Agar dapat melihat pemandangan Jakarta tanpa terhalang, pilihlah tempat duduk di depan atau di samping jendela.
  6. Patuhi Protokol Kesehatan
    Meski kasus Covid sudah melandai, namun tak ada salahnya tetap menggunakan masker dan handsanitizer di dalam bus wista.
  7. Dengarkan Informasi dari Audio Dengan Seksama
    Selama dalam perjalanan, penumpang bus akan diberi informasi mengenai tempat-tempat wisata yang dikunjungi melalui audio. Pastikan kamu mendengarkan dengan seksama agar kamu dapat mengetahui sejarah dan informasi penting lainnya.

Nah, berikut itu adalah tips yang dapat kamu gunakan saat naik bus untuk keliling Jakarta, menggunakan bus wisata Transjakarta menjadi menyenangkan apabila kamu mengetahui rute dan mengikuti tips penting tersebut.

Sumber:

https://transjakarta.co.id/produk-dan-layanan/layanan-bus/bus-wisata/

https://travel.kompas.com/read/2022/05/26/083200427/7-tips-keliling-jakarta-naik-bus-wisata-gratis-naik-di-halte-pertama?page=all

https://jakarta.go.id/bus-wisata-jakarta

https://www.jakartatraveller.com/adventure/paguci-trilogy-papandayan-the-land-of-edelweiss/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*