pcslimited.org

5 Cara Pesan Tiket Kereta Api, Praktis Banget!

Pesan tiket kereta api

Berbagai metode memesan tiket kereta api

Siapa nih yang suka bepergian ke luar kota naik transportasi umum yang satu ini? Jika sering bepergian naik kereta api kamu pasti sudah tahu cara pesan tiket kereta api, tapi sayangnya masih banyak yang belum mengetahui cara untuk melakukan pemesanan tiket kereta.

Kereta api memang sudah lama jadi salah satu transportasi favorit yang dipilih oleh masyarakat Indonesia maupun para pelancong. Hal ini tak lain dan tak bukan karena PT KAI (Kereta Api Indonesia) banyak memberikan perubahan yang membuat perjalanan jauh para pengguna jadi makin nyaman. Ditambah lagi, cara pemesanan tiket kini dibuat lebih mudah karena bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun!

Berkat kemajuan teknologi, kini kamu bisa menghindari antrean panjang di loket untuk pesan tiket kereta api. Sebaliknya, kamu hanya membutuhkan smartphone ataupun komputer untuk melakukan pemesanan. Menariknya, kamu bisa membayar tiket yang kamu pesan dengan menggunakan berbagai metode seperti transfer melalui ATM, mobile banking, internet banking, dompet digital (e-wallet), hingga kartu kredit.

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api, ada baiknya kamu simak ulasan lengkap 5 cara pesan tiket kereta api yang praktis berikut ini.

Pesan Tiket Kereta Api Secara Offline

Cara pemesanan yang satu ini merupakan cara lama, namun masih bisa membantumu untuk pesan tiket kereta api. Cara tradisional ini sering kali digunakan oleh para calon penumpang yang kehabisan tiket online ataupun yang melakukan perjalanan secara mendadak.

  1. Pesan di Stasiun

Cara tradisional ini bisa kamu lakukan dengan cara datang ke stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket kereta jarak jauh. Kamu harus mendatangi loket di stasiun dan membeli tiket melalui petugas loket kereta lokal atau antarkota. 

Di sana kamu cukup menyebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Nantinya petugas akan memberikan opsi berbagai kelas serta nama kereta, jam keberangkatan, dan harga tiket kereta yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. 

Selanjutnya,lakukan pembayaran sesuai harga tiket kereta api dan kemudian kamu akan diberikan kode booking yang bisa dicetak di hari keberangkatan.

  1. Pesan di Contact Center 121

PT kereta api Indonesia menyediakan nomor contact center yang selalu bisa kamu hubungi terkait perjalanan kereta api. Mulai dari mengecek kode booking, hingga pesan tiket kereta api.

Kamu bisa menghubungi contact center ini dan akan tersambung dengan petugas. Kamu perlu menyiapkan e-KTP atau identitas lain untuk memesan tiket. Setelah memesan kamu akan diberikan kode bayar yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM terdekat.

Yang perlu diingat saat memesan tiket kereta api melalui contact center adalah kamu tidak bisa menunda pembayaran terlalu lama. Hal ini karena kamu hanya akan diberikan waktu selama 1 jam untuk melakukan pembayaran, jika tidak membayar dalam waktu tersebut maka pesananmu akan hangus secara otomatis.

Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

Mengikuti perkembangan teknologi, PT Kereta Api Indonesia pun memfasilitasi para calon penumpang dengan berbagai cara. Tentunya, agar kamu bisa pesan tiket kereta api dengan cara yang jauh lebih praktis dan mudah.

  1. Pesan di Website KAI

Untuk pesan tiket kereta api melalui website resmi KAI kamu cukup masuk ke laman booking.kai.id. Di sana kamu harus memasukkan stasiun asal dan tujuan, pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang, kemudian klik “Cari & Pesan Tiket”.

Setelah itu kamu akan melihat berbagai jenis dan kelas kereta lengkap dengan jam keberangkatannya. 

Pilih kereta dan klik “Pesan” Pilih Kursi pada kereta yang kamu inginkan, masukkan data diri seperti nomor identitas (SIM/e-KTP/Paspor), nomor telepon, email, nama lengkap. Kemudian pilih gerbong serta kursi yang kamu ingin tempati. Lalu terakhir tentukan metode pembayarannya.

  1. Pesan di KAI Access

KAI Access adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia yang bisa kamu unduh di Playstore maupun Appstore. Setelah mengunduh, buat akun pribadimu yang nantinya digunakan untuk Login ke aplikasi.

Cara memesan tiket kereta di aplikasi ini hampir sama dengan cara booking di website resmi KAI. Yang menjadi pembeda dan keunggulannya adalah KAI Access sudah dilengkapi dengan e-Boarding Pass, sehingga kamu tidak perlu antre untuk mencetak tiket sebelum keberangkatan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para penumpangnya untuk memesan makanan saat berada di dalam kereta. Wah, asyik banget kan?!

  1. Pesan di Kanal Resmi Penjualan Tiket KAI

PT Kereta Api Indonesia menyediakan berbagai kanal resmi yang bisa kamu gunakan untuk memesan tiket secara langsung.

  1. Pesan di Minimarket

Yang keempat adalah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Di mana kamu cukup mendatangi kasir yang bertugas dan pesan tiket kereta api dengan jadwal yang sesuai dengan keinginanmu. Setelah membayar kamu akan diberikan struk pembayaran yang berisi kode booking yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mencetak tiket di stasiun.

  1. Pesan di Website Third Party

Kanal resmi selanjutnya adalah website ataupun aplikasi Tiket.com serta Traveloka. Untuk melakukan pemesanan melalui kedua kanal ini kamu harus memiliki akun untuk login, dan kamu bisa pesan tiket kereta api persis seperti cara online pertama di atas. Setelah melakukan pemesanan kamu akan mendapatkan e-tiket serta email atau SMS dari kanal yang kamu gunakan.

Demikianlah 5 cara pesan tiket kereta api yang pastinya praktis banget untuk dilakukan! Dengan cara-cara di atas tentu kamu kini tak akan kesulitan lagi jika ingin melakukan perjalanan dengan menumpangi Si Ular Besi.

 

Exit mobile version